4 Tips aman berkendara saat hujan

tips aman naik motor saat hujanJakarta – Mengendarai sepeda motor ketika hujan tak sama dengan kondisi kering. Jarak pandang terbatas, hingga jalan licin menjadi perhatian ekstra.

Bermotor saat hujan perlu konsentrasi dan pengendalian lebih. Salah-salah, Anda bisa celaka.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di tengah hujan. Berikut tips aman bermotor saat hujan dariSafety RidingAnalystAstra Motor sebagai diler utama sepeda motorHonda,MichaelGerald.

1. Menyalakan Lampu

Menyalakan lampu sepeda motor merupakan hal wajib, baik cuaca terang maupun hujan. Untuk cuaca normal, lampu digunakan agar posisi motor Anda terlihat oleh pengendara lain.

Apalagi saat hujan. Hujan membuat jarak pandang terbatas, sehingga lampu utama motor harus dinyalakan agar terlihat oleh pengendara lain.

Namun, bagi motor yang dilengkapi dengan lampu hazard, hindari menyalakan lampu darurat atau hazard sewaktu berkendara dalam kondisi hujan. Sebab, hal itu dapat membingungkan kendaraan lain. Lampu hazard hanya digunakan dalam kondisi darurat.

2. Pengereman dan Akselerasi

Cengkraman ban ke permukaan jalan tidak maksimal saat hujan karena ban dan jalan dalam kondisi basah. Untuk itu, pengereman dan akselerasi tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sewaktu akselerasi maupun mengerem usahakan lebih halus dan hindari mengerem secara tiba-tiba. Sebab, roda akan lebih mudah mengalami selip.

Kemudian agar lebih aman, pengendara diimbau untuk menghindari pemakaian ban tipe slik ketika hujan. Karena, ban tipe ini tidak memiliki alur ban yang membuang air sehingga grip ban akan licin.

3. Melintasi Genangan Air

Ada hujan, biasanya ada genangan air juga. Saat melintasi genangan air, Anda juga tidak disarankan untuk ngebut.

Pengendara dianjurkan untuk mengurangi kecepatan dan melintasi genangan air secara perlahan. Sebab, cipratan air akan menghambat laju kendaraan secara tiba-tiba dan keseimbangan kendaraan dapat berubah secara drastis.

Selain itu, ada kemungkinan genangan air menutupi jalanan yang berlubang. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

4. Berteduh

Michael menambahkan, jika hujan terlalu lebat disertai angin kencang, pemotor disarankan untuk tidak memaksakan diri. Carilah tempat teduh yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas.

“Hindari berteduh di bawah pohon besar karena ada kemungkinan pohon tumbang yang dapat membahayakan diri Anda,” kata Michael.

Pengendara yang baik adalah pengendara yang siap dengan kondisi cuaca apapun, termasuk hujan. Karena itu, jangan lupa persiapkan diri dan sepeda motor Anda. (detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s